Rabu, 14 Agustus 2024

TOPIK 3 CT DALAM PROBLEM SOLVING

Sub Topik 1 Menyelesaikan Persoalan Sehari-hari Dengan CT

Mulai Dari Diri

Mahasiswa di arahkan untuk menjawab beberapa soal reflektif berikut ini. Klik Disini

Eksplorasi Konsep

Mahasiswa melakukan diskusi pada halaman 4 dan 5. Klik Disini

Mahasiswa mengerjakan lembar kerja mahasiswa yaitu latihan soal bebas memindahkah dadu untuk jenjag SD. Klik Disini

Ruang Kolaborasi

Tujuan dari ruang kolaborasi ini adalah mahasiswa saling mengoreksi dan memberi masukan untuk lembar kerja hasil eksplorasi dari teman sekelompok. Dengan mendapat koreksi dan masukan dari teman sekelompok, harapannya Anda dapat belajar memeriksa dan mengidentifikasi jika ada kesalahan yang dilakukan juga oleh teman sekelompok Anda. Dengan belajar memeriksa, mengidentifikasi kesalahan dari orang lain dan memberi masukan untuk perbaikannya Anda dapat menguji apakah Anda sudah cukup paham konsepnya atau belum. Klik Disini

Demontrasi Kontekstual

Pada bagian ini, Anda akan diberi satu soal Bebras atau sejenisnya (dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melatih CT) oleh dosen sesuai dengan tingkatan yang akan Anda ajar. Lengkapi lembar kerja di bawah ini untuk soal tersebut. Tujuan dari bagian ini adalah Anda mendemonstrasikan hasil eksplorasi pemikiran yang sudah Anda lakukan baik secara mandiri maupun berkelompok untuk soal Bebras lainnya yang sesuai dengan jenjang yang akan Anda ajar. Klik Disini

Elaborasi Pemahaman

Pada bagian ini, dosen akan mengajak mahasiswa membahas permasalahan yang diberikan pada demonstrasi kontekstual. Dosen dapat menunjuk beberapa orang mahasiswa untuk menceritakan jawabannya dan mengajak kelas untuk berdiskusi bersama. Tujuannya adalah untuk memberi masukan dan meluruskan pemahaman mahasiswa jika masih ada yang kurang tepat.

Sub 2 CT Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Membaca, Matematika, Sains, dan Finansial)

Mulai Dari Diri

Mahasiswa di arahkan untuk menjawab beberapa soal reflektif berikut ini. Klik Disini

Eksplorasi Konsep

Mahasiswa melakukan diskusi pada halaman 4. Klik Disini

Pada bagian ini, mengajak mahasiswa untuk mengerjakan lembar kerja mahasiswa berikut ini. Klik Disini

Ruang Kolaborasi

Mahasiswa mengerjakan lembar kerja pada 02.04.01 hingga 02.04.05. Lembar kerja 02.04.01 hingga 02.04.04 dikerjakan dengan mengacu pada framework tes PISA 2018. Klik Disini

Tujuan dari ruang kolaborasi ini adalah mahasiswa saling mengoreksi dan memberi masukan untuk lembar kerja hasil eksplorasi dari teman sekelompoknya. Dengan mendapat koreksi dan masukan dari teman sekelompok, harapannya Anda dapat belajar memeriksa dan mengidentifikasi jika ada kesalahan yang dilakukan juga oleh teman sekelompok Anda. Dengan belajar memeriksa, mengidentifikasi kesalahan dari orang lain dan memberi masukan untuk perbaikannya Anda dapat menguji apakah Anda sudah cukup paham konsepnya atau belum. Klik Disini

Demontrasi Kontekstual

Pada bagian ini, Anda akan diberi satu soal PISA oleh dosen (saran: soal yang digunakan adalah soal Reading, Mathematics atau Financial agar tidak mengacu ke salah satu mata pelajaran). Lengkapi tabel di bawah ini untuk soal tersebut. Tujuan dari bagian ini adalah untuk menguji hasil belajar, yaitu apakah Anda sudah dapat menerapkan hasil perbaikan untuk menyelesaikan masalah yang baru. Klik Disini

Elaborasi Pemahaman

Pada bagian ini, dosen akan mengajak mahasiswa membahas permasalahan yang diberikan pada demonstrasi kontekstual. Dosen dapat menunjuk beberapa orang mahasiswa untuk menceritakan jawabannya dan mengajak kelas untuk berdiskusi bersama. Tujuannya adalah untuk memberi masukan dan meluruskan pemahaman mahasiswa jika masih ada yang kurang tepat.

Sub 3 Mengenali Pola Berpikir dalam Menyelesaikan Persoalan (Problem Solving) untuk Berbagai Kasus

Koneksi Antar Materi

Pada bagian ini, mahasiswa mengisi lembar kerja mahasiswa pada lembar kerja berikut ini!. Mahasiswa bekerja sama dengan kelompok untuk mencari kesamaan dan perbedaan tipe soal Bebras dan PISA/AKM, serta kesamaan dari langkah penyelesaian kedua jenis persoalan yang mahasiswa lakukan sebelumnya. Klik Disini

Aksi Nyata

Mahasiswa menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif.  Klik Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TOPIK 1 PENDALAMAN PEMAHAMAN COMPUTATIONAL THINKING

Mulai Dari Diri Pada topik pertama ini, Anda akan mendapatkan gambaran umum mengenai Mata Kuliah Computational Thinking (CT) dan konsep dasa...