Rabu, 14 Agustus 2024

TOPIK 2 CT DALAM KURIKULUM

Mulai Dari Diri

Pada sesi ini, Mahasiswa diminta untuk berbagi dan atau diskusi terkait beberapa pertanyaan berikut.

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai keberadaan CT di dalam Kurikulum Merdeka?
  2. Karena CT berada dalam kurikulum, CT dipandang sebagai sesuatu yang perlu dipelajari oleh peserta didik. Menurut Anda, mengapa CT tidak diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri?
  3. Pada saat Anda membaca referensi-referensi yang ditugaskan oleh dosen Anda, bagian mana yang:
    • Paling menarik untuk Anda? Mengapa?
    • Paling sulit untuk diajarkan? Mengapa?

Eksplorasi Konsep

Mahasiswa  diminta untuk melakukan diskusi dengan menjawab pertanyaan pada halaman 3 dan 4. Klik Disini

Mahasiswa memilih salah satu dari tugas berikut sesuai fase yang akan diampu ketika mengajar. 

Untuk calon guru yang akan mengampu fase A-C. Pada Lembar Kerja Reflektif Individual, Anda telah mencoba menelaah peningkatan CP CT pada fase A-C. Tuliskan hasil yang Anda dapat dari menelaah CP CT fase A-C pada lembar kerja berikut.Tuliskan dan jelaskan minimal satu contoh penerapan untuk masing-masing fondasi CT dalam kehidupan sehari-hari! Contoh yang Anda berikan dapat mengandung lebih dari satu fondasi. Klik Disini

Ruang Kolaborasi

Mahasiswa menggunakan forum diskusi untuk melakukan diskusi antar kelompok. Klik Disini

Setelah mempelajari dengan lebih seksama mengenai makna CP pada fase yang akan Anda ampu, tentunya Anda mendapatkan pemahaman lebih mendalam mengenai CP tersebut. Selanjutnya lakukanlah diskusi kelompok. Kelompok Anda dapat memilih salah satu dari dua pertanyaan ini untuk didiskusikan.Untuk guru kelas I sampai VI Diskusikan pemahaman Anda terkait keunikan CP CT untuk masing-masing fase A, B, dan C. Diskusikan juga terkait peningkatan kompleksitas CP tersebut untuk masing-masing fase. Tuliskan dalam format lembar kerja yang sama dengan Lembar Kerja Mahasiswa pada 2.4. Klik Disini

Demonstrasi Kontekstual

Masing-masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.Saat mendengarkan presentasi dari kelompok lain, masing-masing mahasiswa dapat membuat catatan pada lembar kerja (individual) sebagai feedback pada presentasi kelompok lain. Klik Disini

Elaborasi Pemahaman

Berdasarkan pemahaman mahasiswa terkait CP CT yang mengacu pada Lembar Kerja pada Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, dan Demonstrasi Kontekstual, dosen dapat meluruskan pemahaman mahasiswa yang kurang tepat atau mengkoreksi pemahaman yang salah terkait CT dalam Kurikulum Merdeka dan posisi CT dalam tatanan global.

Jika masih ada pertanyaan seputar CT dalam Kurikulum Merdeka dan posisi CT dalam tatanan global,  tuliskan pertanyaan-pertanyaan tersebut! Setelah itu, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan dosen, maupun rekan mahasiswa lainnya!. Klik Disini

Koneksi Antar Materi

Mahasiswa ttelah mempelajari dengan lebih mendalam mengenai CP CT untuk fase A-F. Selanjutnya, diminta untuk berbagi dan diskusi mengenai topik bahasan berikut. Klik Disini

Aksi Nyata

Mahasiswa menjawab pertanyaan-pertanyaan refleksi berikut: Klik Disini

  1. Bagaimana perasaan Anda saat menelaah lebih lanjut mengenai CP CT dalam pertemuan kuliah ini?
  2. Tuliskan pengetahuan-pengetahuan baru yang Anda dapatkan dari pertemuan ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TOPIK 1 PENDALAMAN PEMAHAMAN COMPUTATIONAL THINKING

Mulai Dari Diri Pada topik pertama ini, Anda akan mendapatkan gambaran umum mengenai Mata Kuliah Computational Thinking (CT) dan konsep dasa...